Siti Zulaikah, S.Pd/Lika

Ridho Allah segalanya, InSyaa Allah qobul segala hajat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan Menulis (82) Aneka Spot Wisata Ampel
KOLEKSI PENULIS

Tantangan Menulis (82) Aneka Spot Wisata Ampel

Surabaya Kota Pahlawan dan merupakan kota metropolitan kedua setelah Jakarta memiliki wisata religius yang tertua yaitu wisata religi Ampel. Suasana khas Timur Tengah yang sangat kental bisa dirasakan. Wisata yang didominasi oleh keturunan arab ini sebenarnya merupakan pertemuan beberapa etnis, di antaranya Jawa, Madura, dan Cina. Suasana wangi yang khas Kawasan ini seperti yang dikunjungi Minggu , 5 April 2020 sekitar pukul 09.30 WIB.

Terletak di Surabaya bagian utara, tepatnya di Jl. Petukangan I, Ampel, Kec. Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur 60151 yang sangat mudah dijangkau. Dikenal dengan sebutan Kampung Arab. Akulturasi budaya yang sangat kuat tampak antara komunitas terbesar Arab dan komunitas lokal Madura, Jawa, dan Cina. Budaya-budaya mudah berbaur di kawasan ampel dengan bahasa keseharian kampung Arab.

Merupakan Kawasan berkumpulnya peradapan budaya, pusat perekonomian, dan masyarakat multikultur. Jalan Panggung dan Sasak adalah akses perekonomian di kawasan Ampel.

Kawasan wisata Ampel menawarkan beberapa spot wisata religi, kuliner, wisata belanja dan wisata sejarah. Sebagai penyuka wisata religi ada Masjid Sunan Ampel. Masjid tertua di Indonesia dan merupakan cagar budaya Surabaya. Ratusan penziarah setiap harinya berkunjung, bahkan ribuan di saat acara-acara tertentu.

Selain masjid, para penziarah bisa mengunjungi makam Sunan Ampel beserta istri dan kerabat yang terletak di kompleks masjid. Makam Mbah Sonhaji (Mbah Bolong) dan Mbah Soleh yang merupakan pembantu Sunan Ampel, makam Pahlawan Nasional KH. Mas Mansyur, dan makam beberapa syuhada haji.

Sebagai penyuka wisata kuliner bisa menikmati beberapa makanan khas Arab. Roti Maryam, pukis arab, kebab, beberapa makanan olahan kambing seperti gule kacang hijau, nasi tomat, nasi briyani dan nasi kebuli yang khas dan lezat tiada tanding yang dijual di gang-gang dan restoran.

Sebagai penyuka wisata belanja bisa menikmati indahnya pernak pernik aksesoris dan produk yang menggambarkan budaya timur tengah. Busana muslim, sarung, hijab, baju koko, beragam aroma minyak wangi dan perlengkapan ibadah banyak tersedia. Berbagai kitab dan berbagai jenis kurma juga bisa didapatkan dengan mudah.

Sebagai penyuka wisata sejarah bisa menikmati beberapa peninggalan bangunan zaman pemerintahan Belanda. Surabaya bagian utara adalah bagian penting dengan pelabuhan Perak yang ada di dekat Kawasan wisata. Ada empat bangunan yang ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah kota Surabaya, yaitu Rumah sakit al-Irsyad, Hotel Kemadjoean, Rumah Tinggal Keluarga Oesman Nabhan, dan Sekolah Al-Irsyad.

Suasana semakin indah dan takjub di saat malam tiba. Lantunan ayat-ayat suci terdengar dari musala-musala sekitar masjid. Penziarah khusyuk melantunkan surat Yasin. Beberapa penziarah berdiam dalam masjid. Bertumpukkan buku yang memuat surat Yasin disediakan di wilayah masjid.

#Tantangan menulis hari ke-82

Ampel, 5 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah masih bisa ziarah ke Ampel bu Hajjah, Barokallah, jangan lupa bawa Kurma

05 Apr
Balas

Nggih pak Haji. Insyaallah hampir setiap bulan . Barakallahu. Salam sehat dan sukses selalu

05 Apr

Paket wisata yang lengkap

07 Apr
Balas

Monggo Bu....

07 Apr

jd pgn bkunjung nih

05 Apr
Balas

Monggo Pak. Wisata religi dengan kuliner yang super nikmat

05 Apr

Keren

05 Apr
Balas

Mantap Bu Ririn. Salam sehat dan sukses . Barakallahu

05 Apr



search

New Post